Keamanan Mesin Absensi Wajah Dibandingkan Dengan Mode Fingerprint

Mesin absensi wajah merupakan salah satu upaya untukmeningkatkan kedisiplinan para karyawan yang ada di sebuah perusahaan atauinstansi. Mesin ini menggunakan deteksi wajah yang telah disimpan di dalamnya.Dengan begitu tidak setiap orang bisa menggantikan identifikasi pada mesin ini.Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan serta kedisiplinan di dalamsebuah perusahaan atau instansi.

Selain menggunakan mesin absensi sidik jari, biasanya setiap perusahaan memiliki bermacam-macam  cara untuk meningkatkan kedisiplinan karyawannya. Biasanya berupa kartu id pengenal, sidik jari, dan absensi wajah. Lalu dari ketiga macam absensi tersebut mana yang lebih aman bila digunakan di sebuah perusahaan dengan anggota yang sangat beragam dan banyak. Tentunya sidik jari di nilai lebih cepat dan efisien karena prosesnya yang simple. Penggunaan kartu pengenal sebenarnya juga cukup baik tetapi banyak kelemahan yang mungkin akan terjadi bila jumlah yang diawasi cukup banyak. Tak lupa lagi adalah deteksi wajah yang digunakan pada mesin absensi wajah, mungkin akan sangat baik tetapi diperlukan kondisi ruangan yang sesuai dengan kekuatan dari mesin absensi tersebut. Pada dasarnya adalah pengambilan gambar menggunakan rekam wajah, tentunya diperlukan cahaya dan suhu ruangan yang sesuai agar hasil deteksinya maksimal.

Bila dibandingkan antara sistem keamanan yang diberikan oleh absensi wajah dengan sidik jari, maka yang akan lebih diminati tentunya adalah fitur baru mengenai absensi wajah. Namun dan fitur yang lebih canggih diperlukan perhatian yang lebih khusus dibandingkan dengan absensi dengan sidik jari. Seperti halnya Dimana letak penempatan absensi dengan wajah tersebut. Namun setiap harinya rekam wajah akan tersimpan sehingga sulit untuk setiap anggota memalsukanya. Selain karena fiturnya yang lebih modern dibandingkan dengan sidik jari absensi wajah tentunya akan menambah niat bekerja setiap karyawan untuk menjadi lebih disiplin dan lebih baik. Hal ini akan membuat para anggota didalamnya untuk tertib dan disiplin pada perusahaan tersebut. Dengan begitu, apabila anggotanya telah memiliki etos kerja yang baik akan lebih mudah untuk mendapatkan keuntungan atau mencapai tujuan yang telah direncanakan.

Itu dia perbandingan dari segi keamanan antara mesin dengan wajah maupun dengan sidik jari. Tentunya perusahaan telah memikirkan mana yang lebih tepat bagi perusahaannya, karena akan berpengaruh pada keamanan, kedisiplinan dan ketertiban.