Kehamilan Adalah Dambaan Seorang Pasutri

Kehamilan adalah suatu fase diamana tumbuh janin di dalam rahim seorang ibu, dimana didalamnya terdapat proses dimana sel telur bertemu dengan sel sperma di dalam ovarium wanita. Kemudian berlanjut dengan pembentukan zigot, penempelan di dinding rahim, pembentukan plasenta, dan pertumbuhan hasil konsepsi hingga mencapai aterm. Agar anda semakin tahu mengenai proses dalam kehamilan, berikut ini bidanku akan menjelaskannya kepada anda.

Sebuah kehamilan dibagi menjadi 3 fase, dimana fase tersebut meliputi triwulan pertama yakni merupakan masa bulan pertama hingga ke 3. Kemudian triwulan kedua meliputi bulan ke 4 hingga bulan ke 6, dan yang terakhir adalah triwulan tiga yang meliputi bulan ke 7 hingga bulan ke 9. Pada masa kehamilan ini, akan terjadi perubahan-peruahan pada seorang ibu, mulai dari fisiknya maupun mental dan psikologisnya.

Tanda seorang ibu mengalami kehamilan

  1. Tidak timbul haid = Ketika seorang wanita mengalami kehamilan, maka dia akan berhenti mengalami haid atau menstruasi. Hal ini disebabkan oleh terhambatnya pembentukan foikel de graff karena adanya sel sperma yang membuahi sel telur.
  2. Mual dan muntah = Hal ini wajar dialami oleh seorang ibu, karena di fase ini produksi estrogen dan progresteron meninggi. Dimana kedua hormon ini mampu merangsang produksi asam lambung yang berlebihan.
  3. Ngidam = Pada wanita hamil biasanya didapati kondisi di mana dirinya akan memiliki banyak keinginan, dan pada fase ini biasanya disebut dengan ngidam.
  4. Payudara sakit dan tegang = Hampir sama dengan mual dan muntah, dimana hal ini dipengaruhi oleh adanya hormon estrogen dan progesteron yang meningkat.
  5. Sering buang air kecil = Hal ini wajar dirasakan oleh ibu hamil, karena dipengaruhi oleh desakan oleh janin yang mendorong ke depan.
  6. Konstipasi = Hal ini terjadi karena adanya pengaruh hormon progesteron yang menyebabkan gerakan peristaltik usus.
  7. Pigmentasi kulit = Ibu hamil mengalami perubahan fisik pada tubuhnya, sehingga wajar bila ibu hamil akan mendapati garis-garis dan linea nigra semakin menghitam.
  8. Epulis = Kondisi ini bisa terjadi karena adanya hipertrofi ataupun tingginya perkembangan sel pada masa kehamilan.
  9. Varises = Hal ini terjadi karena pengaruh hormon estrogen dan progesteron yang mengakibatkan penampakan pembuluh darah vena terutama di sekitar betis.